Minggu, 12 Desember 2010

Sifat-Sifat Narkoba


Berbeda dengan obat atau zat lainnya, narkoba memeiliki 3 sifat jahat yang dapat membelenggu pemakainya untuk menjadi budak setia. Tiga sifat yang sangat jahat dan berbahaya itu adalah :
  •       Habitual
Habitual adalah sifat pada narkoba yang membuat pamakainya akan selalu teringat, terkenang dan terbayang sehingga cendrung untuk selalu mencari dan rindu. Sifat inilah yang menyebabkan pemakai narkoba yang sudah sembuh kelak bias kambuh dan memakai kembali. Perasaan kangen berat ingin memakai kembali disebabkan oleh kesan kenikmatan yang dalam bahasa gaul di sebut nagih (suggest)
  •      Adiktif
Adiktif adalah sifat narkoba yang membuat pemakainya terpaksamemakai terus dan tidak dapat menghentikannyapenghentian atau pengurangan pemakaian narkoba akan menimbulkan ‘efek putus zat’ yaitu perasaan sakit luar biasa, atau dalam bahasa gaul disebut sakaw (sakit karena kau, narkoba !!)

        •         Toleran  
Toleran adalah sifat narkoba yang membuat tubuh pemakainya semakin lamasemakin menyatu dengan narkoba dan menyesuaikan diri dengan narkoba itu sehingga menuntut dosis pemakaian yang semakin tinggi. Bila dosisnya tidak dinaikan, narkoba itu tidak di naikan, narkoba itu tidak akan bereaksi, tetapi malah membuat pemakainya mengalami sakaw.
          Tiga sifat jahat yang khas hanya ada pada narkoba. Itulah yang menyebabkan narkoba sangat berbahaya. Ada 3 sifat jahat yang khas ini membuat pemakai narkoba mengalami perubahan sifat dan sikap menjadi :

1.      Tergila-gila pada narkoba. Lebih mencintai narkoba dari pada diri sendiri, orang tua, atau           saudara-saudaranya.

2.      Tidak dapat melepaskan diri dari narkoba, sebab kalau lepas, penderitaan yang luar biasa (sakaw) akan datang.

3.      Dosis akan terus bertambah tinggi sampai suatu saat maut menjemput di puncak overdosis.

4.      Mengalami perubahan sikap dan sifat menjadi ekslusif, egois, sombong, asocial, jahat (psikosis).

5.      Mengalami kerusakan organ tubuh (hati, paru-paru, ginjal, otak dan lain-lain).

6.      Terjangkit penyakit maut (HIV/AIDS, sifilis dan lain-lain)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar