Sabtu, 11 Desember 2010

NARKOBA


Narkoba adalah singkatan dari NAR kotika, psiKOtropika, dan BAhan Adiktif lainnya. Namun, tidak semua jenis narkoba berdampak negative bila di gunakan. Banyak narkotika dan psikotropika yang member manfaat besar bila digunakan. Banyak narkotika dan psikotropika yang member manfafat besar bila di gunakan dengan baik dan benar dalam bidang kedokteran.
            Narkotika dan psikotropika dapat menyembuhkan banyak penyakit dan mengakhiri penderitaan. Jasa narkotika dan psikotropika sangat besar dalam kehidupan di masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang. Tindakan operasi (pembedahan) yang di lakukan oleh dokter harus di dahului dengan pembiusan. Padahal, obat bius tergolong narkotika. Orang yang mengalami stress dan gangguan jiwa di beri ibat-obatan yang tergolong psitropika oleh dokter agar cepat sembuh.
            Dengan pemahaman seperti itu, narkotika jelas tidak selalu berdampak buruk. Bayak jenis narkotika yang sangat bermanfaat dalam bidang kedokteran. Karenanya, sikap antinarkoba adalah keliru. Yang benar adalah anti penyalahgunaan narkoba. Ya!! Yang benar adalah sikap anati penyalah gunaan narkoba. Jadi, yang kita perangi jelas bukan narkobanya melainkan penyalahgunananya.
            Apabial kekeliruan itu dianggap benar karena terlanjur dibiasakan, kepanjangan narkoba harus diubah lagi menjadi  : “Narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lain YANG DISALAHGUNAKAN”. Pemahaman kata “YANG DISALAHGUNAKAN” akan memberikan pengertian bahwa narkoba itu tidak selalu berkonotasi negatif. Dengan begitu, narkotika dan psikotropika yang digunakan dengan baik dan benar oleh dokter untuk mengobati pasiennya tidak termasuk narkoba. Yang diberi nama narkoba hanya yang di salah gunakan. Berikut ini pengertian lebih lanjut mengenai narkoba adalah sebagai berikut : 

  • NARKOTIKA adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupuan bukan sitetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran dan hilangnya rasa. Zat ini dapat mengurangi sampai mengilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

  • PSIKOTROPIKA adalah zat atau obat bukan narkotika, baik alamiah maupun sintetis, yang memiliki khasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas normal dan perilaku.

  •  BAHAN ADIKTIF LAINNYA adalah bahan lain yang bukan narkotika atau psikotropika yang penggunaannya dapat menimbulkan ketergantungan. 

  • MINUMAN BERALKOHOL adalah minuman yang mengandung etanol yang diperoses dari bahan hasil pertanian ataupun secara destilasi atau frementasi tanpa destilasi, maupun yang diproses dengan cara mencampur konsentrat dengan etanol atau dengan cara pengenceran minuman yang mengandung etanol.

1 komentar:

  1. youtube: a young woman trying to get a job as a videographer
    youtube: mp3 juice a young woman trying to get a job as a videographer. Watch. video_credits_player_vip_cloud

    BalasHapus